Tutorial Membuat Website Personal Di Localhost

tutorial membuat website

Website adalah sebuah media online yang berfungsi menampilkan berbagai informasi, baik informasi berupa teks, gambar atau video. Banyak sekali orang yang berkeinginan membuat website, namun keterbatasan sumber dan pengetahuan, membuat beberapa orang mengurungkan niat membuat website personal. Tutorial membuat websitekali ini akan mengupas tuntas bagaimana membuat website dengan menggunakan platform wordpress self hosting. Di karenakan kita berencana membuat website yang berdiri sendiri dalam hosting kita maka beberapa hal perlu di persiapkan sebelum melanjutkan tutorial.
1. Hosting
2. Domain
3. Source WordPress
Melihat ketiga item diatas, teman-teman mungkin bingung darimana harus mendapatkan hosting dan domain serta source wordpress, Secara yang kita ketahui, hosting dan domain harus kita dapatkan dengan cara menyewa ke layanan hosting dan domain. Sebagai solusinya agar tutorial cara membuat website ini tidak terhambat maka kita akan menggunakan hosting yang berada pada komputer kita sendiri, atau sering disebut sebagai localhost. Kemudian nama folder yang ada di localhost akan kita gunakan sebagai pengganti nama domain. Sedangkan source wordpress dapat kita ambil dari website resmi wordpress secara gratis.
Berikut sub bahasan yang akan kita pelajari dalam tutorial membuat website personal.
  • Cara membuat hosting di localhost
  • Cara membuat database di localhost
  • Cara Instal wordpress di localhost

Cara Membuat hosting di localhost

Untuk melakukan instalasi hosting di localhost, terlebih dahulu kamu harus mengambil atau mendownload aplikasi xampp sebagai software yang akan menjadi server kamu. Klik link di sini untuk mendapatkan software xampp.
Setelah kamu mendapatkan software xampp, kamu dapat melanjutkan dengan melakukan instalasi software. Caranya cukup klik dua kali software xampp. Lalu ikuti panduan wizard yang diberikan oleh software hingga selesai.
instal xampp

Saya anggap kamu telah selesai melakukan instalasi xampp di komputer kamu, mari kita lanjutkan tutorial membuat website. Buka browser kesayangan kamu seperti mozilla firefox, atau google chrome. Di kotak url address browser kamu ketikkan. http://localhost. Jika instalasi wordpress kamu sukses, maka akan tampil dibrowser kamu seperti gambar dibawah ini.
localhost

Lanjut pada sesi dimana kamu harus membuat sebuah folder yang berfungsi untuk mengganti nama domain. Caranya seperti ini, masuk ke direktori c komputer kamu, lalu klik pada folder xampp, setelah itu klik kembali pada folder htdocs. Setelah kamu berada didalam folder htdocs, buatlah satu folder baru dengan nama yang kamu inginkan. misalnya untuk tutorial ini kita namakan tutorialwebsite. Ingat nama yang kamu gunakan tidak boleh ada spasi antara katanya. Kemudain di lanjutkan dengan mencoba mengakses folder yang sudah kamu buat dengan mengetikkannya di browser kamu seperti ini http://localhost/tutorialwebsite.
Jika kamu sukses maka akan tampil index tanpa files di browser kamu. Hal ini menandakan bahwa folder kamu belum terisi oleh files apapun. Selanjutnya sebelum melakukan instalasi wordpress. Kamu diwajibkan untuk membuat database di localhost kamu, yang nantinya akan dipergunakan untuk website wordpress kamu.

Cara membuat database di localhost

Pertama-tama kamu harus mengakses aplikasi pembuat database yang disebut phpmyadmin melalui xampp kamu. Ketikkan di browser kamu seperti ini http://localhost/phpmyadmin Setelah tampil halaman phpmyadmin klik tombol Basis data, atau jika phpmyadmin kamu menggunakan bahasa inggris klik tombol database. Pada halaman berikutnya masukan nama database kedalam kotak create database. Agar seragam untuk tutorial membuat website ini kita namakan database kita dengan nama tutorialwebsite. Lihat dibagian list database dan pastikan nama database kamu sudah tersedia. Kemudian klik pada tulisan Check Privileges disebelah nama database kamu,  lalu lihat dipaling bawah tulisan NEW  kemudian lanjutkan dengan klik add user. Pada halaman add user, masukkan data-data kamu sebagai berikut : 
  1. username : masukkan user dengan nama tutor - kotak pilihan dibiarkan saja jangan dirubah
  2. host : pilih di kotak pilihan menjadi localhost sehingga akan timbul nama localhost untuk host.
  3. Password : password samakan saja dengan username yaitu tutor dan  kotak pilihan dibiarkan saja jangan dirubah
Scroll down kebawah dan pada bagian Global privileges pilih Check All kemudian scroll kebawah lagi dan klik Go. Lihat gambar dibawah ini untuk details
tutorial membuat website
sampai di sini kamu sudah berhasil membuat database di localhost kamu, jangan lupa simpan informasi user, password dan host yang kamu buat tadi, karena akan digunakan pada sesi tutorial membuat website di sub bahasan instal wordpress dilocalhost.

Cara Instal wordpress di localhost

Tutorial membuat website selanjutnya masuk pada bahasan inti bagaimana instal wordpress di localhost. Pertama-tama download source wordpress yang akan kita jadikan engine untuk website kita. Source wordpress dapat di download di wordpress.org. Klik disni untuk mendapatkan source wordpress terbaru
Setelah anda mendapatkan file source wordpress. Extract semua file wordpress kemudian copy files semua hasil extract tadi lalu paste kedalam folder di localhost kamu. Ingat folder yang kamu buat tadi bernama tutorialwebsite.
Selanjutnya akses folder website kamu dengan mengetikkan http://localhost/tutorialwebsite maka akan tampil halaman baru. Klik saja di tombol Create a configuration file setelah keterangan wordpress segera lanjutkan dengan meng-klik Let’s Go.
Nah dihalaman ini kamu perlu memasukkan informasi database yang sudah kamu buat di sesi tutorial membuat website diatas.  lihat gambar dibawah ini
panduan membuat website
Klik submit untuk melanjutkan instalasi wordpress, lalu dihalaman berikutnya klik Run The Install. Akan tampil halaman baru yang meminta kamu memasukkan informasi basic website kamu. Masukkan informasi username dan password sesuai yang kamu inginkan. Username dan password di sini sebaiknya dibedakan dengan yang kamu buat di sub database. Karena informasi yang ini akan kamu gunakan untuk login ke dashboard panel administrator website kamu.
Setelah kamu selesai mengisi dan membuat informasi diatas, lanjutkan dengan mengetikkan alamat website kamu di browser kamu seperti ini http://localhost/tutorialwebsite. Nah sampai di sini kamu sudah sukses melakukan instalasi wordpress di localhost. Selanjutkan kamu bisa masuk dan login ke dashboard panel administrator dengan mengetik alamat  website kamu seperti ini  http://localhost/tutorialwebsite.wp-admin. 
Secara umum kamu sudah selesai menjalankan tutorial membuat website di localhost, namun website kamu yang berada dilocalhost hanya bisa di akses melalui komputer kamu saja, karena hosting yang kamu pakai hanya hosting pribadi yang ada di komputer kamu. Untuk membuat website kamu tayang di internet, kamu harus melakukan instalasi wordpress melalui hosting yang ada di server internet. Pada prinsipnya sama saja, hanya perbedaannya jika di server online, instalasi wordpress kamu akan jauh lebih mudah dengan menggunakan script yang disediakan oleh pihak hosting.

Ditulis Oleh : ADMIN ~ Manok Siam

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tutorial Membuat Website Personal Di Localhost yang ditulis oleh Reja Exe Cyber yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Reja Exe Cyber

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top