Cara merubah tampilan Ubuntu 11.10 menjadi Mint Mate


Cara merubah tampilan Ubuntu 11.10 menjadi Mint? Sobat memang tidak salah baca, tampilan Ubuntu 11.10 oneiric ocelot bisa disulap menjadi tampak seperti LinuxMint Meta Mate. Kenapa memakai Mate ? Karena Rilis Mint terbaru yaitu Mint 12 dengan codename Lisa memang menggunakan dekstop mate.
O ya, buat sobat yang belum tahu apa itu mate, sedikit saya singgung kalo Mate itu sebenarnya adalah pengembangan dari desktop gnome 2 yang dihentikan pengembangannya setelah rilis gnome 3. Karena hal tersebut maka munculah istilah GNOME2 fork, yang selanjutnya dikenalkan mate desktop environment. Jadi secara singkatnya mate itu sama dengan pengembangan dari gnome2.
Kembali lagi ke topik utama! Cara merubah tampilan Ubuntu 11.10 menjadi Mint, tentu saja dengan menggunakan sumber software dari repository LinuxMint. Ya jadi pertama-tama kita harus menambahkan sumber repository linux Mint yaitu dengan mengedit file source.list.
Pada terminal ketik : sudo gedit /etc/apt/sources.list
Kemudian tambahkan : deb http://packages.linuxmint.com/ lisa main upstream import , pada jendela gedit, dan jangan lupa untuk disimpan.
Langkah selanjutnya adalah melakukan update source : sudo apt-get update
Kemudian instalkan Mint Keyring : sudo apt-get install linuxmint-keyring
Lakukan update lagi : sudo apt-get update
Terakhir baru kita installkan Mint Mate :
sudo apt-get install mint-meta-mate
Setelah selesai, kita logout.. dan pada saat login silahkan sobat pilih mate sebagai dekstopnya..
Login mate pada ubuntu 11.10
Dan.. kita akan dapati desktop linux kita berubah menjadi tampilan linux Mint !!
Desktop Mint Mate di Ubuntu 11.10
Eits nanti dulu!, jangan langsung berpuas diri, supaya lebih mirip lagi, ada baiknya kita modifikasi tampilan dekstop diatas. yaitu dengan membuang panel bawah, dan memindahkan panel atas ke bawah serta membuang menu gnome / mate dan diganti dengan mint menu.
Dan jadilah tampilan baru linux Mint :)
Linux Mint Lisa di Ubuntu 11.10
Nah.. gimana sobat, selamat mencoba ya? dan pada waktu mendatang saya juga akan mencoba sharing merubah tampilan gnome 3 seperti Gnome 3 linux mint Lisa..
Cara merubah tampilan Ubuntu 11.10 menjadi Mint

Ditulis Oleh : ADMIN ~ Manok Siam

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara merubah tampilan Ubuntu 11.10 menjadi Mint Mate yang ditulis oleh Reja Exe Cyber yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Reja Exe Cyber

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top